Kamis, 18 Februari 2016

Nikon Memilih Sebuah Foto Hasil Photoshop Sebagai Pemenang Kontes

Namanya juga manusia, nggak lepas dari yang namanya kesalahan. Tapi kalau yang bikin kesalahan adalah perusahaan gede dan beken kayak Nikon, bisa berbabe, eh berabe urusannya...

Seperti yang mungkin udah kamu ketahui, Nikon terkenal dengan produksi kamera dan lensanya yang berkualitas tinggi. Mereka adalah perusahaan multinasional yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Beberapa hari lalu mereka mengunggah sebuah foto ke page Facebook mereka (yang punya 10 juta fans) sekaligus mengumumkan kalau pemilik foto tersebut bakal dikasih hadiah berupa sebuah Nikon trolley bag.

Foto ini diambil oleh Chay Yu Wei. Sekilas, kayaknya nggak ada yang salah dengan foto ini. Bagus malah, soalnya pas banget ada pesawat di ujung tangga gitu. Tapi, coba perhatiin baik-baik pesawatnya. Kayak ada putih-putihnya gitu, kan? apakah itu awan yang kebetulan berbentuk kotak? Nope.

Dari foto aslinya aja udah lumayan jelas terlihat. Dan FYI, kalau kamu otak-atik sebuah foto di Photoshop, bakalan kelihatan objek yang jadi ‘tempelan’. Dan bener aja. Liat deh. Apa-apaan ini?! Pesawatnya ditempel asal-asalan gitu doang!

Sepertinya nggak semua orang langsung menyadari kalau foto itu hasil editan. Ada yang nanya langsung ke akun Instagram si fotografer. Kayaknya dia penasaran berapa lama si Chay Yu Wei nungguin pesawatnya lewat yang dijawab dengan pedenya, “Nggak lama, kok. Saya lagi beruntung aja! Makasih banyak, ya!” Gileee...

Tapi, terlambat... Hasil fotonya udah terlanjur jadi bahan untuk meme. Hahahaha. Lihat editan yang nggak kalah kerennya.

Dengan banyaknya protes ini, Nikon langsung menyadari kesalahan mereka. Foto hasil karya Chay Yu Wei yang diunggah pun udah dihapus dan mereka mengeluarkan penyataan dan bilang kalau mereka lagi ngecek lagi peraturan dan regulasi untuk kontesnya.

Phew... jangan sering-sering ya, Nikon... Untung aja yang menang bukan hasil editan Camera360.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar